Hadits Tentang Kepemimpinan


Kursus komputer majalengka cepat bisa
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297
Pemimpin Memikul Tanggung Jawab (اللؤلؤ والمرجان:١١٩٩)
Hadits:

١١٩٩~ عَبْدِ اللهِ بْنُ عُمَرُ ,أَنَّ رَسُلُ اللهِ , قَالَ:كُلُّكُمْ رَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ, فَالأَمِيْرُ الَّذِيْ عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَ هُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ, وَالرَّجُلُ راعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ, وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ, وَالْمَرْأَةُ رَاعِيْةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَ وَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ, وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ ,أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَ كُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
(أخرجه البخري في : ٤٩ كتاب العتق:١٧ باب كراهية التطاول على الرقيق)

Terjemah:
1199 ~ Abdullah bin Umar , dia berkata: Rasulullah bersabda “Kalian semua ialah pemimpin dan bertanggung jawab terhadap rakyat yang dipimpinnya. Seorang raja memimpin rakyatnya dan bakal ditanya mengenai kepemimpinannya itu. Seorang suami memimpin keluarganya, dan bakal ditanya kepemimpinannya itu. Seorang ibu memimpin lokasi tinggal suaminya dan anak-anaknya, dan dia bakal ditanya mengenai kepemimpinannya itu. Seorang budak mengelola harta majikannya dan bakal ditanya mengenai pengelolaanya. Ingatlah bahwa kalian seluruh memimpin dan bakal ditanya pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya itu.”
[Al-Bukhari menempatkan hadits ini di buku 49; Budak. Bab 17; dibencinya perbuatan menganiaya budak.]
Kursus komputer majalengka cepat bisa

Penjelasan:
Hadits Ibnu Umar, كُلُّكُمْ رَاعٍ (Kamu semua ialah pemimpin). Akan diterangkan secara rinci pada mula pembahasan mengenai hukum. Adapun maksud pencantumannya di lokasi ini[1] ada pada kalimat وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ (Seorang budak mengelola harta majikannya) karena andai seorang budak sudah menasehati majikannya dan membayar amanat dan membayar amanat yang dibebankan kepadanya, maka untuk majikannya patut guna membantunya dan tidak mendahului batas dalam memperlakukannya.

Dalam buku hukum, kata arra’i dengan kata lain orang yang merawat dan diberi amanah atas kemaslahatan apa yang diamanatkan. Dia dituntut melakukan adil dan mengerjakan apa yang menjadi maslahat urusan tersebut.

فَالأَمِيْرُ الَّذِيْ عَلَى النَّاسِ (Seorang raja memimpin rakyatnya) maksudnya ialah pemimpin tertinggi.

Al Khathabi berkata, “Mereka bersekutu --- yaitu pemimpin dan seorang laki-laki serta seluruh yang dilafalkan dalam hadits --- dalam sifat pemimpin tetapi dengan arti berbeda-beda. Kepemimpinan penguasa tertinggi ialah menjaga syariat dengan mendirikan hukum serta berlaku adil dalam memutuskan hukum. Kepemimpinan seorang laki-laki terhadap keluarganya ialah cara mengurusi mereka dan menyerahkan hak-hak mereka. Kepemimpinan seorang perempuan ialah mengatur hal rumah, anak-anak, pembantu, dan memberi nasehat serta masukan untuk suami tentang seluruh itu. Sedangkan kepemimpinan pembantu ialah memelihara apa yang terdapat dalam tanggung jawabnya serta mengerjakan apa-apa yang bisa mendatangkan kebajikan padanya.”

Ath-Thaibi berkata, “Dalam hadits ini dilafalkan bahwa pemimpin (penjaga) tidak dituntut sebab dzatnya. Bahkan ia diselenggarakan untuk merawat apa yang diamanahkan kepadanya oleh si pemilik. Oleh sebab itu, dia patut tidak menggunakannya kecuali bila diperbolehkan oleh pembawa syariat.”
Kursus komputer majalengka cepat bisa
Ulama beda berkata, “Masuk pula dalam jangkauan umum ini orang yang hidup sendirian tanpa istri (atau suami), pembantu, dan tidak pula anak, sebab dia tetap menjadi pemimpin atas anggota badannya supaya melakukan hal-hal diperintahkan dan menjauhi hal-hal yang dilarang, baik berupa perbuatan, perkataan, maupun keyakinan. Anggota badan, kekuatan, dan indranya ialah hal-hal yang dipimpinnya. Kedudukan seseorang sebagai pemimpin tidaklah menafikkan keberadaannya sebagai yang dipimpin ditinjau dari sisi lain.”[2]
Kursus komputer majalengka cepat bisa

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support