ARTIKEL SINGKAT TENTANG LINGKUNGAN

Kursus komputer majalengka cepat bisa
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Pentingnya Hutan Mangrove untuk Lingkungan Hidup

Hutan magrove adalahsekumpulan pepohonan yang tumbuh di lokasi sekitar garis pantai yang diprovokasi oleh pasang surutnya air laut serta berada pada lokasi yang merasakan akumulasi bahan organik dan pelumpuran. Hutan mangrove yang pun biasa dikenal dengan sebutan hutan bakau ini adalahsebuah ekosistem yang mempunyai sifat khas sebab adanya kegiatan daur penggenangan oleh pasang surut air laut. Pada habitat ini melulu pohon mangrove / bakau yang dapat bertahan hidup disebabkan proses perubahan serta adaptasi yang telah dilalui oleh tanaman mangrove.
Hutan mangrove memiliki faedah yang paling besar untuk lingkungan hidup anda diantarnya yaitu 1) sebagai tanaman yang dapat menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tanaman mangrove dapat untuk menyangga air laut supaya tidak mengikis tanah di garis pantai. 2) Sebagaimana faedah tumbuhan yang lain, mangrove pun memiliki faedah sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2). 3) Hutan mangrove mempunyai peran sebagai lokasi hidup sekian banyak  macam biota laut laksana ikan-ikan kecil guna berlindung dan menggali makan. Selain hewan laut, untuk hutan mangrove yang ruag lingkupnya lumayan besar tidak jarang ada jenis hewan darat di dalamnya laksana kera dan burung.

Dari sejumlah fungsi hutan bakau yang sudah dipaparkan di atas, tentunya urusan yang sangat esensial untuk kelangsungan hidup kita ialah fungsi hutan mangrove sebagai penghasil oksigen (O2) dan penyerap gas karbondioksida serta sebagai pencegahan abrasi. Rusaknya hutan mangrove dapat menyebabkan hilangnya fungsi-fungsi di tersebut. Bayangkan andai hutan rusak, tak terdapat lagi sesuatu yang dapat menghasilkan oksigen (O2) guna kita bernapas, tidak adalagi sesuatu yang bisa menyerap gas (CO2) yang adalahgas racun dab berbahaya untuk tubuh manusia, serta tak terdapat lagi sebuah pertahanan kokoh yang dapat menahan laju abrasi.
Saat ini suasana hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai Indonesia begitu memperihatinkan. Sebagian besar bobrok dan diantaranya habis dampak aktivitas penebangan dan lain-lain. Hal ini pasti akan dominan  buruk untuk kelestarian lingkungan hidup kita.
Mengingat begitu pentingnya hutan mangrove untuk kelangsungan lingkungan hidup kita, butuh adanya penyelesaian untuk penanggulangan masalah yang sekitar ini terjadi pada hutan mangrove. Solusi yang dapat saya dan anda lakukan diantaranya yaitu ;
  1. butuh adanya lahan konservasi terhadap hutan mangrove dalam rangka penjagaan dan pelestarian hutan supaya fungsi-fungsi mangrove bisa dioptimalkan sebaik mungkin.
  2.  mengerjakan reboisasi atau penanaman pulang terhadap hutan mangrove yang sudah rusak. Dalam urusan ini butuh adanya keterlibatan antara pemerintah dan penduduk secara teknis dalam pengamalan reboisasi. 
  3.  Perlu adanya manajemen tata ruang yang baik terhadap distrik pesisir pantai berhutan mangrove, sampai-sampai dapat berpotensi hemat dalam urusan pariwisata. Provit yang didapatkan dari wisata alam ini dapat dipakai untuk keterbutuhan pelestarian mangrove. 
  4. butuh adanya penyuluhan dalam rangka memahamkan masyarakat terhadap pentingnya kelestarian hutan mangrove untuk lingkungan hidup. 
  5. Sanksi hukum yang tegas terhadap siapapun yang merusak kelestarian hutan mangrove.
Kursus komputer majalengka cepat bisa


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support