ASY-SYAJA’AH (KEBERANIAN)

Kursus komputer majalengka cepat bisa

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Ditinjau dari sisi bahasa, dilafalkan dalam Qamus Mu’jamul Wasith dan Al-Lughatul ‘Arabiyyah Al-Mu’ashirah, definisi syaja’ah diantaranya merupakan:

أَظْهَرَ قُوَّةً وَجُرْأَةً ، شِدَّةَ القَلْبِ عِنْدَ اليَأْسِ ، رَبَاطَةَ الجَأْشِ
“Nampaknya quwwah (kekuatan) dan jur’ah (keberanian, kegagahan, ketekunan); kekuatan hati dalam menghadapi keputusasaan; tenang, sabar, menguasai diri.”

قوّة معنويّة تمكِّن الإنسان من مقاومة المِحَن ، ومجابهة الخَطر أو الألم , وتدفعه إلى العمل بحزم
“Kekuatan jiwa yang mengokohkan seorang insan dalam melawan al-mihan (cobaan, bencana, musibah, kesengsaraan, kemalangan); serta menghadapi al-khathar (bahaya, resiko, kesulitan) atau kepedihan; pun menggerakkan/mendorong diri untuk suatu amal disertai tekad yang kuat.”

شِدّةُ القَلْبِ في البأْس
“Kekuatan hati dalam menghadapi ketakutan/kengerian terhadap sesuatu.” [1]
Kursus komputer majalengka cepat bisa
Adapun yang dimaksud dengan syaja’ah dalam ulasan ini ialah keberanian, kekuatan tekad, ketekunan, ketenangan, dan kesabaran seorang muslim, terlebih lagi seorang aktivis dakwah, dalam menetapi kebenaran dan amal shalih yang diridhoi Allah Ta’ala meskipun mesti berhadapan dengan cobaan, musibah, kesengsaraan, bahaya, resiko, dan kepedihan.

Syaja’ah dan Istiqamah

Maka hakikatnya, syaja’ah (keberanian) ialah salah satu pembuktian dari sikap istiqomah yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala dan rasul-Nya untuk setiap hamba-hamba-Nya.

Allah Ta’ala berfirman,

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِير
“Maka tetaplah anda pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) untuk orang yang sudah taubat beserta anda dan janganlah anda melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang anda kerjakan.” (QS. Huud, 11: 112)

Dari Abu Amr, -ada pun yang mengatakan- Abu ‘Amrah, Sufyan bin Abdillah Ats-Tsaqofi radhiallahu anhu dia berkata,

قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ قُلْ لِي فِي اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَداً غَيْرَكَ . قَالَ : قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ
“Saya bertanya (kepada Rasulullah), ‘Wahai Rasulullah katakan untuk saya mengenai Islam sebuah ucapan yang tidak saya tanyakan untuk seorangpun selainmu’. Beliau menjawab, ‘Katakanlah, saya beriman untuk Allah, lantas beristiqomah-lah’”. (HR. Muslim)

Contoh nyata syaja’ah diperlihatkan oleh orang-orang beriman sebagaimana dikisahkan di dalam surat Al-Buruuj yang dimasukkan ke dalam parit dan dihanguskan oleh as-habul ukhdud melulu karena mereka mengaku keimanannya. Begitu pula Asiah, istri Firaun dan Masyitah, pelayan Firaun, kedua-duanya mesti menebus keimanan mereka untuk Allah dengan nyawa mereka. Asiah di tiang penyiksaannya dan Masyitah di kuali panas mendidih beserta semua keluarganya sebab mereka berdua tak sudi menuhankan Fir’aun.
Kursus komputer majalengka cepat bisa
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support