Macam-Macam Topologi-kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297
kursus komputer majalengka
 Jaringan komputer bermanfaat untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih. Dalam implementasinya ada sejumlah topologi jaringan yang digunakan.
Topologi jaringan sendiri ialah suatu teknik / konsep yang dipakai untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, menurut hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yakni node, link, danstation.
kursus komputer majalengka

Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pemakai. Topologi kesatu kali yang digunakan ialah topologi bus. masing-masing topoologi memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing.
kursus komputer majalengka
Berikut Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi BUS
Topologi ini ialah topologi yang kesatu kali dipakai untuk menghubungkan komputer. dalam topologi ini setiap komputer aka terhububng ke satu kabel panjang dengan sejumlah terminal, dan pada akhir dari kable mesti diselesaikan dengan satu terminator. Topologi ini sudah paling jarang dipakai didalam membina jaringan komputer biasa sebab memiliki sejumlah kekurangan diantaranya bisa jadi terjadi nya tabrakan aliran data, andai salah satu perlengkapan putus atau terjadi kehancuran pada satu unsur komputer maka jaringan langsung tidak akan bermanfaat sebelum kehancuran tersebut di atasi.

kursus komputer majalengka
Karakteristik Topologi BUS:

Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel diblokir dengan terminator.
Sangat simpel dalam instalasi.
Sangat hemat dalam biaya.
Paket-paket data saling bersimpangan pada sebuah kabel.
Tidak dibutuhkan hub, yang tidak sedikit diperlukanadalah Tconnector pada masing-masing ethernet card.
Problem yang tidak jarang terjadi ialah jika di antara node rusak, maka jaringan keseluruhan bisa down, sampai-sampai seluruh node tidak dapat berkomunikasi dalam jaringan tersebut.

kursus komputer majalengka

Kelebihan Topologi BUS


Tidak membutuhkan sumber daya kabel yang tidak sedikit
Biayanya pun lebih murah dibanding dengan topologi lainnya
tidak terlampau rumit andai kita hendak menambah cakupan jaringan
Sangat sederhana
kursus komputer majalengka
Kekurangan Topologi BUS

Tidak sesuai untuk Trafic(lalu lintas) jaringan yang padat.
Setiap barrel connector yang dipakai sebagai penghubung memperlemah sinyal elektrik yang dikirimkan, dan banyak sekali akan merintangi sinyal guna dapat diterima dengan benar.
Sangat susah untuk mengerjakan troubleshoot pada bus.
Lebih lambat dikomparasikan dengan topologi yang lain.
kursus komputer majalengka
2. Topologi STAR
Seperti namanya rangkaian pada topologi STAR sama seperti emblem bintang yang biasa anda buat. topologi ini mempunyai node inti/tengah yang disambungkan ke node lainnya.

kursus komputer majalengka

Karakteristik Topologi Star :

Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB).
Bila masing-masing paket data yang masuk ke consentrator (HUB) lantas di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat tidak sedikit (misalnya menggunakan hub 32 port), maka kinerja jaringan bakal semakin turun.
Sangat gampang dikembangka.
Jika di antara ethernet card rusak, atau di antara kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap dapat berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan borongan tersebut.
Tipe kabel yang digunakan seringkali jenis UTP.
Kelebihan Topologi Star :

Cukup gampang untuk mengolah dan meningkatkan komputer ke dalam jaringan yang memakai topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung.
Apabila satu komputer yang mengalami kehancuran dalam jaringan maka komputer itu tidak akan menciptakan mati semua jaringan star.
Kita bisa menggunakan sejumlah tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang bisa mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
Kekurangan Topologi Star :
kursus komputer majalengka

Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub.Jika hub pusat merasakan kegagalan, maka semua jaringan bakal gagal guna beroperasi.
Membutuhkan lebih tidak sedikit kabel sebab semua kabel jaringan mesti ditarik ke satu central point, jadi lebih tidak sedikit membutuhkan lebih tidak sedikit kabel daripada topologi jaringan yang la
Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang terdapat pada hub.
Lalulintas data yang padat dapat mengakibatkan jaringan bekerja lebih lambat.

3. Topologi RING
Topologi ring dipakai dalam jaringan yang mempunyai performance tinggi, jaringan yang memerlukan bandwidth guna fitur yang time-sensitive laksana video dan audio, atau saat performance diperlukan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.
Pada Topologi cincin, setiap titik/node bermanfaat sebagai repeater yang bakal memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, dengan kata lain masing-masing perlengkapan saling berkolaborasi untuk menerima sinyal dari perlengkapan sebelumnya lantas meneruskannya pada perlengkapan sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini ditolong oleh TOKEN.

kursus komputer majalengka

Karakteristik Topologi Ring :

Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan format jaringan laksana lingkaran.
Sangat simpel dalam layout laksana jenis topologi bus.
Paket-paket data bisa mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sampai-sampai collision bisa dihindarkan.
Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: andai salah satu node bobrok maka semua node tidak dapat berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
Tipe kabel yang digunakan seringkali kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).
Kelebihan Topologi Ring :

Data mengalir dalam satu arah sampai-sampai terjadinya collision bisa dihindarkan.
Aliran data mengalir lebih cepat sebab dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.
Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, sebab data bisa bergerak kekiri atau kekanan.
Waktu guna mengakses data lebih optimal.
Kekurangan Topologi Ring :
kursus komputer majalengka

Apabila terdapat satu komputer dalam ring yang tidak berhasil  berfungsi, maka akan memprovokasi keseluruhan jaringan.
Mendambah atau meminimalisir komputer bakal mengacaukan jaringan.
Sulit untuk mengerjakan konfigurasi ulang.

4. Topologi MESH
Topologi mesh ialah topologi campuran dari topologi Ring dan Star yang telah saya sampaikan diatas. Topologi mesh ialah suatu format hubungan antar perlengkapan dimana setiap perlengkapan terhubung secara langsung ke perlengkapan lainnya yang terdapat di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perlengkapan dapat berkomunikasi langsung dengan perlengkapan yang dituju (dedicated links).

kursus komputer majalengka

Karakteristik Topologi Mesh :

Topologi mesh mempunyai hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada.
Susunannya pada setiap perlengkapan yang terdapat didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
Jika jumlah perlengkapan yang terhubung paling banyak, pastinya ini akan paling sulit sekali guna dikendalikan dikomparasikan hanya sedikit perlengkapan saja yang terhubung.
Kelebihan Topologi Mesh :

Keuntungan utama dari pemakaian topologi mesh ialah fault tolerance.
Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, sebab mempunyai hubungan yang berlebih.
Relatif lebih gampang untuk dilaksanakan troubleshoot.
Kekurangan Topologi Mesh :
kursus komputer majalengka

Sulitnya pada saat mengerjakan instalasi dan mengerjakan konfigurasi ulang ketika jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin bertambah jumlahnya.
Biaya yang besar untuk merawat hubungan yang berlebih.
5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan campuran dari sejumlah topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi masing-masing topologi star bakal terhubung ke topologi star lainnya memakai topologi bus, seringkali dalam topologi ini terdapat sejumlah tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi bisa mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

kursus komputer majalengka



Kelebihan topologi tree ialah mudah mengejar suatu kekeliruan dan pun mudah mengerjakan perubahan jaringan andai diperlukan.
Kekurangan nya yakni menggunakan tidak sedikit kabel, tidak jarang terjadi tabrakan dan lambat, andai terjadi kekeliruan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah bakal terganggu juga6. Topologi Extended Star
adalahperkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh bertolak belakang dengan topologi star yaitu

kursus komputer majalengka

Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, Sedangkan sub node berkomunikasi dengan node pusat. traffic data mengalir dari node ke sub node kemudian diteruskan ke central node dan pulang lagi. kemudian lintas data mengalir dari node ke sub node pusat kemudian diteruskan ke node dan pulang lagi.
Digunakan pada jaringan yang besar dan memerlukan penghubung yang tidak sedikit atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung.
Keunggulan:

Jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu, tetapi bilamana central node terputus maka seluruh node disetiap sub node bakal terputus
Kelemahan:

Tidak bisa Digunakan kabel yang “kelas rendah” karena melulu menghandel satu traffic node, sebab untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan sejumlah kali hops.
kursus komputer majalengka

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support