Jaringan Wireless-kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297
kursus komputer majalengka

Jaringan Wireless


Wireless atau wireless network adalahsekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sampai-sampai terbentuk suatu jaringan komputer dengan memakai media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN adalahsama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang memisahkan antara keduanya ialah media jalur lintas data yang digunakan, andai LAN masih memakai kabel sebagai media lintas data, sementara wireless memakai media gelombang radio/udara. Penerapan dari software wireless network ini antara lain ialah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication laksana handphone, dan HT.

Adapun definisi lainnya ialah sekumpulan standar yang dipakai untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Terdapat tiga varian terhadap standard itu yaitu 802.11b atau dikenal dengan WIFI (Wireless Fidelity),802.11a (WIFI5), dan 802.11. ketiga standard itu biasa di singkat 802.11a/b/g. Versi wireless LAN 802.11b memilik keterampilan transfer data kecepatan tinggi sampai 11Mbps pada band frekuensi 2,4 Ghz. Versi berikutnya 802.11a, guna transfer data kecepatan tinggi sampai 54 Mbps pada frekuensi 5 Ghz. Sedangkan 802.11g berkecepatan 54 Mbps dengan frekuensi 2,4 Ghz.

kursus komputer majalengka

Wireless LAN

Wireless Local Area Network pada dasarnya sama dengan jaringan Local Area Network yang biasa anda jumpai. Hanya saja, guna menghubungkan antara node device antar client memakai media wireless, chanel frekuensi serta SSID yang menarik untuk mengindikasikan identitas dari wireless device.

kursus komputer majalengka

Komponen pada WLAN

Untuk dapat mengembangkan suatu mode WLAN, paling tidak dibutuhkan empat komponen utama yang mesti disediakan, yakni :

1. Access Point

Access Point bakal menjadi sentral komunikasi antara PC ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat andai jaringan yang dikempangkan milik suatu korporasi pribadi. Access Point ini bermanfaat sebagai konverter sinyal radio yang diantarkan menjadi sinyal digital yang bakal disalurkan melewati perangkat WLAN lainnya untuk lantas akan dikonversikan berubah menjadi sinyal radio oleh receiver.
kursus komputer majalengka

2. Wireless LAN Interface

Alat ini seringkali adalahalat ekstra yang dipasangkan pada PC atau Laptop. Namun pada sejumlah produk laptop tertentu, interface ini seringkali sudah dipasangkan pada ketika pembeliannya. Namun interface ini pula dapat diperjual belikan secara bebas dipasaran dengan harga yang beragam. Disebut pun sebagai Wireless LAN Adaptor USB.

3. Mobile/Desktop PC

Perangkat akses guna pemakai (user) yang mesti telah terpasang media Wireless LAN interface baik dalam format PCI maupun USB.

4. Antena External

 dipakai untuk memperkuat daya pancar. Antena ini dapat dirakit sendiri oleh client (user), contoh : antena kaleng.
kursus komputer majalengka


Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Pada WLAN

Ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan saat membina WLAN, laksana :

  •  Seberapa besar jaringan WLAN bakal dibangun. Dalam urusan ini, ialah melihat keperluan akan jaringan yang bakal dibangun nantinya. Jangan hingga pembangunan WLAN memakan ongkos yang besar, sedangkan pemakaiannya melulu terbatas untuk sejumlah client saja. Meski dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang, akan namun akan jauh lebih arif jika melulu untuk menghubungkan sejumlah PC/Laptop memakai media komunikasi Add Hock (peer to peer)
  • Sistem keamanan. Sistem ketenteraman ini urgen dalam suatu jaringan WLAN. Sebab WLAN adalahsebuah jaringan yang rentan terhadap serangan dari luar sebab komunikasinya memakai sinyal radio/gelombang yang dapat ditangkap oleh client ‘x’ pada area-area tertentu. Sistem ketenteraman ini penting sebab jalur komunikasi data dapat saja mengandung data-data rahasia dan penting, sampai-sampai orang tidak dapat masuk kecuali melewati ijin akses yang sudah distandarkan.
  • Koneksi yang bakal dikembangkan. Meskipun secara umum, akses point dapat menampung sampai ratusan klien dibawahnya, akan namun secara prosedur, semua vendor penyedia piranti akses point merekomendasikan belasan sampai 40-an client yang boleh terhubung dalam suatu layanan WLAN. Hal ini dominan pada tingkat kecepatan dan pembagian hak akses pada jaringan yang tersedia.

kursus komputer majalengka

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support