Jaringan Client - Server-kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Client-Server


Ketika kamu melakukan pekerjaan browsing dan mengakses situs nesabamedia untuk menyimak postingan ini dan disaat kamu mengetik www.nesabamedia.com pada kolom penelusuran di browser anda, tanpa disadari kamu telah mengantarkan sebuah pesan request untuk server yang terdapat di internet, lalu lantas server itu merespon dengan menyerahkan sebuah hasil berupa tampilan halaman web laksana dengan yang kamu minta (anda sebagai client).
kursus komputer majalengka

Seperti itulah cerminan dari jaringan client server, sangat bertolak belakang dengan jaringan peer to peer yang dibicarakan pada artikel sebelumnya, dimana pada masing-masing komputer yang terhubung pada jaringan itu dapat berperan sebagai client (mengirim request) maupun sebagai server (menerima request).

Untuk mengetahui sistem jaringan client server lebih lengkap, sebagai berikut akan dibicarakan mengenai definisi jaringan client server serta keunggulan dan kelemahan dari jaringan client server.
kursus komputer majalengka


  • Jaringan client server didefinisikan sebagai sebuah arsitektur jaringan komputer dimana perlengkapan client mengerjakan proses meminta data, dan server yang mempunyai tugas untuk menyerahkan respon berupa data terhadap request tersebut.

kursus komputer majalengka


  • Perangkat client seringkali berupa perlengkapan komputer dengan software software jaringan yang sudah terinstal guna guna meminta dan menerima data melewati jaringan. Salah satu contoh software software yang sangat sering dipakai untuk meminta dan menerima data pada jaringan merupakan web browser, dimana user dapat mengerjakan request untuk suatu halaman web, melalui software web browser (persis laksana yang kamu lakukan ketika ini) Perangkat beda yang bisa pula dikategorikan sebagai client merupakan perangkat mobile laksana smartphone atau tablet.

kursus komputer majalengka


  • Server adalah sebuah komputer yang dirancang khusus guna melayani client dengan memproses request yang sudah diterima dari client lalu lantas mengirimkan pulang respon data untuk client melewati jaringan. Server menyimpan informasi dan data yang perumahan yang mungkin diperlukan client, oleh sebab itu seringkali server terdiri dari komputer dengan performa yang tinggi baik dari sisi pemrosesan maupun dari sisi memori, urusan tersebut supaya server dapat melayani request dari tidak sedikit client secara bersamaan.


kelebihan dan kelemahan jaringan client server

kursus komputer majalengka

Server pun terbagi menjadi sejumlah jenis menurut tugas spesifik yang dilakukannya misalnya mail server guna mengirim dan menerima pesan melewati jaringan, database server untuk mengawal dan menata database dan masih tidak sedikit lagi.

Perangkat client dan server seringkali mempunyai unit hardware yang berbeda, setiap didesain cocok dengan tujuannya. Contohnya pada client usahakan dilengkapi dengan resolusi layar monitor yang bagus dengan antarmuka graphical user, sementara pada server sama sekali tidak memerlukan resolusi layar yang bagus lumayan dengan antarmuka command line.
kursus komputer majalengka

Kelebihan Jaringan Client Server

Terdapat keunggulan dan kelemahan pada jaringan client server. Berikut ini ialah kelebihan yang dipunyai oleh jaringan client server:
kursus komputer majalengka

1. Kontrol Terpusat pada Server

Tidak laksana pada jaringan peer-to-peer dimana tidak terdapat pusat server yang menata client, pada jaringan client server terdapat suatu server yang bertugas guna mengontrol akses, resource dan integritas data sampai-sampai program atau client yang tidak sah tidak bisa mengganggu kegiatan didalam jaringan.
kursus komputer majalengka

2. Backup Terpusat pada Server

Selain tersebut server pun dapat berperan sebagai pusat backup data pada client, dengan menata sistem backup otomatis pada client. Hal tersebut dilaksanakan untuk menghindari kehilangan data bilamana terjadi kekeliruan pada harddisk client.
kursus komputer majalengka

3. Skalabilitas

Anda bisa dengan gampang menambahkan jumlah komputer atau server pada jaringan client server tanpa mengakibatkan pengaruh besar pada jaringan.
kursus komputer majalengka

4. Kemudahan Perawatan

Dalam hal mengerjakan perawatan kamu dapat mengerjakan remote akses, sampai-sampai untuk dapat mengerjakan perawatan kamu tidak mesti berada dideapn sistem.

5. Peningkatan Keamanan

Server dapat menata akses masing-masing data pada server, dan pun mengatur hak akses dari masing-masing komputer. Hal ini guna membatasi kegiatan user sehingga melulu mampu mengakses data yang menjadi haknya.
kursus komputer majalengka

Kekurangan Jaringan Client Server

Sedangkan inilah ini ialah kekurangan yang dipunyai oleh jaringan client server:
kursus komputer majalengka

1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol

Menggunakan server tunggal untuk menata resources pada jaringan akan mengakibatkan ancaman single point of failure (SPOF), dimana bilamana hal itu terjadi maka akan mengakibatkan terhentinya seluruh kegiatan pada jaringan tersebut.

Contoh misalnya saat sebuah server tunggal menyimpan database nama dan password user pada suatu jaringan, kemudian jaringan tersebut merasakan kegagalan maka tidak terdapat user yang bisa login kedalam jaringan sampai server pulang pulih.
kursus komputer majalengka

2. Biaya Pengeluaran

Bila dikomparasikan dengan jaringan peer-to-peer tentu ongkos yang diperlukan untuk jaringan client server jauh lebih mahal, karena untuk membuatnya kamu mebutuhkan suatu superkomputer yang berperan sebagai server untuk menata jaringan tersebut. Berbeda dengan peer-to-peer dimana tidak memerlukan server eksklusif sebab setiap komputer bisa berperan sebagai client maupun sebagai server.

Disamping tersebut untuk merealisasikan arsitektur jaringan client server kamu membutuhkan seorang teknisi berpengalaman IT khusus guna mambangun dan mengawal server supaya dapat melayani client secara terus-menerus.
kursus komputer majalengka

3. Jaringan Melambat

Tingginya sebuah lalu lintas data pada jaringan client server seringkali akan mengakibatkan kelambatan pada server guna merespon permintaan dari client. Hal itu dapat terjadi ketika tidak sedikit komputer yang mengerjakan request data secara bersamaan pada suatu server.

Hal tersebut paling fatal karena dapat mengakibatkan server crash dan down sehingga mengakibatkan jaringan lumpuh. Oleh karena tersebut pada server seringkali memberikan aturan batasan request dari sebuah client, urusan ini guna menghindari kejadian diatas atau barangkali serangan DDOS.
kursus komputer majalengka

Sebagai penutup dari tulisan mengenai definisi jaringan client server, apabila kamu membutuhkan suatu arsitektur jaringan dengan produktivitas yang tinggi dan berskala besar, client server adalahpilihan yang sangat sesuai untuk anda.

Namun untuk kamu yang mempunyai sebuah jaringan melulu dengan empat client tidak terdapat salahnya untuk memakai peer-to-peer guna dapat saling berbagi sumber daya. Apa yang sesuai untuk kamu sebenarnya tergantung dari budget yang kamu miliki dan seberapa besar jaringan komputer yang kamu punya.
kursus komputer majalengka

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support