Jaringan Wireline-kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Definisi wireline 

kursus komputer majalengka

Wireline ialah media transmisi dengan memakai kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima.Wireline seringkali digunakan guna jaringan dalam jarak dekat laksana dalam satu kantor atau gedung.Akan tetapi,tidak menutup bisa jadi wireline dapat dipakai untuk jaringan komunikasi jarak jauh,seperti pada pesawat telep
on dan sambungan Internet.
kursus komputer majalengka

Jaringan berkabel terdiri atas sejumlah jenis,yaitu:

1. LAN(Local Area Network)

kursus komputer majalengka
Local Area Network ialah jaringan yang ada dalam suatu gedung atau perkantoran. Umumnya dipunyai oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam gedung atau kantor tersebut. Komputer-komputer dihubungkan guna membagi sumber daya yang ada di kantor tersebut.
LAN memungkinkan sebuah perusahaan atau pabrik-pabrik dapat memakai sumber daya (resources, contohnya printer) secara bersama-sama. Selain tersebut LAN pun memungkinkan komputer-komputer bisa saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi.
Komputer yang terhubung dalam satu LAN umumnya melulu berjarak sejumlah kilometer, bahkan banyak sekali LAN juga dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada dalam satu gedung.
kursus komputer majalengka

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network ialah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya dipakai untuk menghubungkan sejumlah kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya saja kantor-kantor pemerintah yang ada dalam sebuah kota,dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini diciptakan untuk destinasi berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lainnya. MAN dapat menunjang data dan suara, bahkan dapat bersangkutan dengan jaringan televisi kabel.

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network ialah jaringan komputer yang merangkum area yang paling luas dari sisi geografis. WAN bisa saja merangkum sebuah negara atau benua.
kursus komputer majalengka

4. Internet

Internet adalahsebuah jaringan komputer yang paling besar yang dapat merangkum seluruh dunia. Orang yang terhubung ke Internet berarti terhubung ke seluruh komputer yang terdapat di dunia yang pun terhubung ke Internet.
kursus komputer majalengka

KABEL WIRELINE 


  • · Kabel terpilin 

Kabel ini biasa digunakan sebagai penghubung telepon dengan jalur telepon. Setiap dua kabel saling dipilin dengan destinasi untuk meminimalisir interferensi elektromagnetik terhadap kabel beda atau dengan sumber eksternal. Kabel ini pun dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan dengan menghubungkannya dengan hub dan switch.

  • · Kabel Coaxial 

Kabel ini adalahkabel yang dibalut dengan metal yang empuk dan memiliki tingkat transmisi yang tinggi andai dibanding kabel terpilin. Akan namun harganya relatif lebih mahal. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan perlengkapan video, jaringan radio, dan pun untuk jaringan komputer, terutama ethernet.

  • · Kabel Serat Optik 

Kabel ini terbut dari serat – serat optik, yakni serat – serat yang tercipta dari serabut kaca (optical fibers) yang paling tipis sebesar diameter rambut manusia. Kabel ini mempunyai kecepatan transfer data 10 kali lipat kabel coaxial. Kabel ini biasa dipakai untuk transmisi data digital jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi dari jaringan kabel beda atau tanpa kabel.
kursus komputer majalengka

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER 

1. Membagi sumber daya 

Jaringan komputer bisa dimanfaatkan sebagai sarana guna membagi sumber daya yang terdapat . Sumber daya itu dapat berupa sumber daya yang berupa perangkat komputer laksana printer,maupun sumber daya yang berupa data-data, dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang mesti disediakan bisa dikurangi.

2. Reliabilitas Tinggi 

Jaringan komputer memungkinkan kita guna mengcopykan data-data ke dua atau tiga komputer , dengan begitu ,apabila di antara komputer bobrok dan data-data yang ditabung didalamnya hilang ,kita masih dapat memakai data yang ditabung di komputer lain. Hal ini bakal menguntungkan sebab kita tidak terganggu meskipun terdapat komputer yang bobrok dan data-data yang hilang.

3. Menghemat Uang 

Dengan memakai jaringan perusahaan bisa menghemat perlengkapan yang mesti dipakai misalnya printer . Dengan adanya jaringan komputer, printer dapat digunakan oleh sejumlah orang sampai-sampai perusahaan tidak perlu melakukan pembelian printer untuk masing-masing karyawannya , dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun bisa menghemat ongkos yang dikeluarkan.

4. Sebagai sarana komunikasi 

Jaringan komputer bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Memberikan pemberitahuan rapat misalnya, pimpinan perusahaan tidak perlu mengantarkan surat untuk semua staf-stafnya, lumayan mengirimkan undangan melaui jaringan komputer yang ada.

kursus komputer majalengka

TELEKOMUNIKASI

Definisi dari telekomunikasi ialah mendistribusikan informasi dari satu titik ke titik lain. Jika anda tambahkan kata “tele” di depan kata “komunikasi” maka pengertiannya menjadi komunikasi jarak jauh. Dalam urusan ini, jauh tidak diterangkan seberapa jauh jaraknya, apakah tersebut sepersekian senti, meter atau bahkan kilo, sebab relatif. Semisal dua perlengkapan HP yang dihubungkan melewati bluetooth, walaupun jaraknya melulu sepersekian senti atau meter, tersebut sudah dinamakan telekomunikasi.
Untuk telekomunkasi, insan pada dasarnya membutuhkan alat bantu, laksana halnya pesawat radio, televisi maupun telepon dan beda sebagainya.
Dari segi bentuk, telekomunikasi dipecah menjadi dua bagian; jasmani (wired) dan non jasmani (wireless).


WIRED

Pengertian wired dalam bahasa yang simpel merupakan pendistribusian informasi melewati kawat. Wired memakai kabel sebagai media penghubung.Singkatnya perlengkapan tersebut dapat disaksikan dan diraba, makanya dari tersebut disebut pun telekomunikasi fisik.
kursus komputer majalengka

Diagram Wired


Yang diperlukan untuk merakit jaringan wired:

  • Kabel UTP
  • Konektor RJ 45
  • Crimping tool
  • Switch (jika lebih dari dua komputer)
  • Modem (jika inginkan konek dengan internet)

kursus komputer majalengka

Kelebihan Wired


  • Relatif murah
  • Persaingan antar vendor hardware telah mengakibatkan sebuah harga suatu ethernet card lebih murah dikomparasikan Wi-Fi adapter. Sebuah Wi-Fi adapter ruang belajar low end rata-rata dipasarkan dengan harga US$ 33 s/d 50. Sementara ethernet card dari ruang belajar yang sama dapat didapatkan dengan harga di bawah US$ 10 belum lagi perlengkapan lain laksana router, hub, switch, dan sebagainya. Hampir tidak jarang kali dapat dijamin perlatan wireless lebih mahal dikomparasikan dengan perlengkapan wired LAN.
  • Dari segi biaya, jelas Wired LAN lebih digemari oleh pemakai komputer dikomparasikan WLAN. Jika kamu termasuk dalam kelompok yang “sensitif harga” maka barangkali WLAN bukan opsi yang tepat.
  • Tingkat ketenteraman relatif tinggi (karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
  • Performa/Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancar
  • Sebuah ethernet card tradisional menghasilkan kecepatan transfer data sampai 10 Mbps. Sebuah Fast ethernet menwarkan kecepatah transfer data sepuluh kali lipat ethernet tradisional. Dari segi kecepatan transfer data atau performa jelas wired LAN lebih unggul daripada WLAN. Jika kamu sering menjalankan software kelas berat, laksana : streaming video, CAD/CAM, transfer file musik, sharing file, game 3D, maka wired LAN lebih sesuai dibandingkan dengan WLAN.
  • Meskipun secara teoritis sudah dikembangkan standar baru WLAN dengan kecepatan transfer data di atas 54 Mbps, tetapi dalam kenyataannya masih tidak sedikit kendala yang mesti ditanggulangi untuk menjangkau kecepatan transfer data sebesar tersebut secara penuh.
  • Reliabilitas mencantol aspek ketersediaan dan keutuhan informasi. Informasi yang dikirim mesti hingga ke destinasi dengan selamat. Peralatan wired LAN laksana : kabel, hub, switch, terlah terbukti paling reliable. Kasus di mana data tidak hingga ke destinasi atau bobrok di jalan pada lazimnya hanya diakibatkan oleh kabel yang terputus atau kehancuran peralatan oleh karena lainnya.
  • Gelombang radio yang dipakai WLAN masih mesti diperlihatkan sampai sejauh mana mempunyai sifat reliable. Beberapa permasalahan gangguan cuaca, kilat, tembok penghalang, interferensi gelombang radio oleh perlengkapan lain, dan sebagainya ternyata bisa memepengaruhi informasi yang dikirim. Vendor WLAN ketika ini terus berjuang mengatasi tantangan tersebut.
  • Jika reliabilitas adalahpertimbangan utama maka wired LAN tampaknya lebih sesuai untuk kamu dibandingkan WLAN.


Kekurangan Wired


  • Instalasi yang tidak cukup terencana dapat terlihat jorok/acak – acakan.
  • Karena wired LAN memakai kabel dalam medianya maka dibutuhkan perencanaan dan penataan yang lebih dikomparasikan dengan WLAN sebab WLAN memakai gelombang radio jadi tidak tampak media penghubungnya. Jangan hingga kabel – kabel itu menjadi tidak cukup teratur dan bisa merusak keindahan atapun keteraturan dari ruangan tersebut.
  • Kurang luwes jika terdapat ekspansi.
  • Mobilitas yang kurang
  • Wired lan mesti di tempatkan di lokasi yang aman
  • Security pada wired lan bakal hilang pada ketika kabel jaringan di potong atau ditap.

kursus komputer majalengka

Jenis-jenis kabel guna mengakses internet beserta fungsinya

Kabel

Media transmisi bisa diklasifikasikan menjadi dua kategori, yakni terarah (guieded/wireline) atau memakai kabel atau tidak terarah (unguided/wireless) atau nirkabel.Media Transmisi terarah adalahgelombang elektromagnetik yang di pandu sepanjang fisik, misalnya: Kabel UTP, Kabel Coaxial dan Kabel Fiber Optik. Sedangkan Media Transmisi elektromagnetik tanpa di pandu, contohnya perambatan melewati udara, ruang hampa dan air laut. Jenis-jenis Kabel Jaringan yaitu:

a) Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) ialah jenis kabel yang tidak jarang digunakandalam membina LAN. Karena UTP STP dapat dipakai untuk sekian banyak  arsitektur jaringan. Nama twisted pair berasal dari kenyataan bahwa ia terdiri dari kabel tembaga yagn dililit berpasangan. Tujuan pelilitan tersebut ialah untuk emngurangi kekurangan kabel terhadap elektris baik yang berasal dari dalam kabel (pair to pair coupling atau crosstalk) atau dari luar kabel ( interferensi elektormagnetik – EMI, dan interferensi frekuensi frekuensi radio – RFI)
EMI adalahsuatu suasana yang terjadi dalam lingkungan dimana perlengkapan seperti lift, mesin-mesin dan lainnya yagn memakai arus listrik tinggi yang bisa menginterferensi kabel. Crosstalk adalahsuatu suasana dimana sinyal pada satu pasang kabel mengganggu sinyal pada kabel lainnya.
kursus komputer majalengka

b) Coaxial (thicknet)


Kabel koasial terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi suatu kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel koaksial bisa di pakai tanpa tidak sedikit membutuhkan pertolongan repeater sebagai penguat guna komunikasi jarak jauh. Kabel koaksial mempunyai ukuran beragam. Diameter yang besar memilik transmisi panjang dan menampik noise.

Kabel Coaxial ini bermanfaat untuk menghubungkan jaringan LAN sebab mempunyai bandwith yang lebar, sampai-sampai dapat Anda pakai untuk komunikasi broadband (multiple channel). Contoh kabel koaksial dalam kehidupan keseharian yaitu: kabel tv, thin10Base5 yang seringkali digunakan guna kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.
Kabel koaksial mempunyai sejumlah karakteristik, yakni :
a. Kecepatan dan keluaran 10 – 100 MBps
b. Biaya Rata-rata per node murah
c. Media dan ukuran konektor medium
d. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yakni 500 meter (medium)

Jaringan dengan memakai kabel koaksial adalahjaringan dengan ongkos rendah, namun jangkauannya paling terbatas dan keandalannya pun sangat terbatas. Kabel koaksial pada umumnya dipakai pada topologi bus dan ring.
kursus komputer majalengka

c) Serat Optic


Jenis kabel fiber optic adalahkabel jaringan yang jarang dipakai pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah. Pada umumnya, kabel jenis ini dipakai pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta dipakai untuk antar lantai atau antar gedung.
Kabel fiber optic adalahmedia networking medium yang dipakai utk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.
Beberapa keuntungan memakai kabel fiber optic , yakni :
a. Kecepatan jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi.
b. Bandwith, Fiber optic dapat membawa paket-paket dengan kapasitas besar.
c. Distance yakni sinyal-sinyal bisa di transmisikan lebih jauh tanpa membutuhkan perlakuan “refresh” atau “diperkuat”
d. Kabel-kabel fiber optic memerlukan biaya pilihan mahal
kursus komputer majalengka

Fiber Optic mempunyai sejumlah karakteristik, yaitu:
a. Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
b. Biaya rata-rata pernode lumayan mahal
c. Media dan ukuran konektor kecil
d. Panjang kabel maksimal yang diperbolehkan yaitu 2 km (panjang)

Peralatan Yang Dibutuhkan Bagi Membangun Jaringan Wireless Berserta Fungsinya

1. Antena Grid

kursus komputer majalengka

Fungsi Antena Grid :

Untuk memperkuat & menunjukkan sinyal wireless untuk mengerjakan konesi point to point atau point to multipoint
Koneksi point to point ialah koneksi jaringan dengan cara pengalihan data diantara dua simpul yang berbeda tanpa perantara atau penghalang. Dan status dua simpul itu setingkat/sejajar.
Contoh : koneksi dari ISP (Internet Service Provider) mesti masuk langsung ke satu komputer, router atau gateway.
Sedangkan Koneksi point to multipoint ialah koneksi jaringan dengan metode ekspedisi / penerimaan data dari satu simpul kebanyak simpul.
Contoh : koneksi dari ISP masuk dulu ke hub/switch kemudian didistribusikan kebeberapa komputer.

2. Hub/Switch

kursus komputer majalengka

Fungsi Hub/Switch :
Untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

3. Kabel Pigtail


Fungsi Kabel Pigtail :
Untuk menghubungkan antena grid dengan access point

4. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

kursus komputer majalengka

Fungsi Kabel UTP :
Untuk menghubungkan radio senao dengan komputer

5. Access Point

Fungsi Access Point :
Untuk mempancarkan koneksi data/internet melewati gelombang radio

6. NIC (Network Interface Card)


Fungsi NIC :
Untuk Sebagai jembatan dari komputer ke suatu jaringan komputer

7. PC (Personal Computer)

kursus komputer majalengka

Fungsi PC :
Untuk sebagai Server atau Client dalam Sebuah Jaringan

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support