Apa Itu Sistem Komputer ?

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297


Pengertian Sistem Komputer

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, bahwa sistem komputer adalahsekumpulan komponen yang saling bersangkutan satu sama lain, sampai-sampai memungkinkan komponen-komponen itu saling berinteraksi satu sama beda untuk mengerjakan tugas yang sudah di instruksikan oleh pemakai atau brainware.
kursus komputer majalengka

Secara umum komponen pada sistem komputer dipecah menjadi tiga yakni Hardware, Software & Brainware. Ketiga komponen tersebut setiap mempunyai peran yang sangat urgen dalam mengelolah suatu informasi data. Mereka dituntut mesti bekerja beriringan dan bilamana salah satu dari komponen itu hilang, maka sistem komputer tidak akan dapat bekerja sebagaimana harusnya.

Misalnya: Sebuah komputer tidak bakal bekerja tanpa adanya instruksi dari pemakai atau brainware, begitu pun dengan suatu software tidak bakal berarti apa-apa tanpa adanya suatu hardware.
kursus komputer majalengka

Fungsi Sistem Komputer

Keyboard dipakai untuk menginput data

Sebelumnya anda sudah membicarakan mengenai definisi sistem komputer, selanjutnya anda akan membicarakan mengenai fungsinya. Sistem komputer mempunyai empat faedah dasar, yaitu:
kursus komputer majalengka

1. Menginput Data
Sistem komputer bermanfaat untuk menginput semua jenis data yang sudah dimasukkan oleh pemakai melewati perangkat hardware laksana mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.

2. Memproses Data
Sistem komputer bermanfaat untuk memproses data. Data yang sudah diinput oleh user masih dalam format mentah. Oleh karena tersebut setelah diinput sistem akan mengerjakan sebuah process yang mana mentransfer data mentah itu menjadi suatu informasi yang bisa dibaca oleh kenangan komputer. Proses data ini dilaksanakan pada Central Processing Unit yang pun berperan sebagai benak komputer.
kursus komputer majalengka

3. Menghasilkan Data
Sistem komputer bermanfaat untuk menghasilkan suatu output yang adalahhasil dari data yang sudah diproses. Hasil output itu dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data
Sistem komputer bermanfaat untuk menyimpan data output yang adalahhasil olahan dari process pada kenangan komputer
kursus komputer majalengka

Komponen Utama pada Sistem Komputer

kursus komputer majalengka

Hubungan antara hardware, aplikasi dan brainware

Seperti yang telah diterangkan pada bagian mula bahwa sistem komputer terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi satu sama lain. Komponen-komponen itu terdiri atas tiga unsur yaitu:

kursus komputer majalengka


1. Hardware
Hardware atau biasa anda sebut perlengkapan keras ialah sebuah komponen dari sistem komputer yang mempunyai wujud jasmani dan bisa disentuh. Hardware pada sistem komputer pun terdiri dari sejumlah unit komponen, yaitu:

Central Processing Unit (CPU)
CPU atau Central Processing Unit ialah otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua pekerjaan yang terjadi didalam komputer. CPU bermanfaat sebagai pusat pengelolah data dan mengontrol segala perlengkapan internal maupun yang eksternal yang terhubung pada komputer.

  • Input Unit

Sebuah data atau instruksi mesti di input terlebih dahulu sebelum diubah menjadi informasi yang laksana kita inginkan, oleh sebab itu diperlukan sebuah unit input yang menjadi suatu gerbang guna data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. Bentuk-bentuk data yang sudah diinput bakal dikonversi menjadi kode binary sampai-sampai dapat dibaca oleh kenangan utama. Tentulah format data pada tiap perlengkapan input berbeda-beda. Misalnya pada perlengkapan keyboard, format data yang dihasilkan ialah sebuah huruf atau angka, bertolak belakang dengan perlengkapan input mouse.

  • Output Unit

Output unit memiliki faedah yang berkebalikan dengan Input unit. Jika pada input unit data yang dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan suatu informasi atau data yang adalahhasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang didapatkan dapat berupa suatu infromasi, gambar, suara atau video.

  • Storage Unit

Data atau instruksi yang sudah diinput pada sistem komputer melewati unit input terlebih dahulu di simpan pada unit storage sebelum benar-benar diproses. Begitupula dengan hasil data yang sudah di proses, data itu terlebih dahulu ditabung pada unit storage sebelum dialihkan pada unit output.
kursus komputer majalengka

2. Software
Software ialah komponen dari sistem komputer yang tidak mempunyai wujud atau format fisik. Software mempunyai wujud digital yang ditabung pada kenangan komputer. Terdapat sekian banyak  macam jenis kelompok software pada sistem komputer, yaitu:

System Software

System Software ialah kategori guna software yang menata dan mengontrol komponen hardware pada komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dengan tipe aplikasi lainnya. Salah satu misal dari System Software ialah sistem operasi komputer, tetapi driver pada suatu device pun dapat digolongkan dalam kelompok ini.

  • Utility Software

Utility Software ialah kategori guna software yang mengawal dan mengayomi sistem komputer tetapi tidak berhadapan lansung dengan hardware. Contoh aplikasi yang tergolong dalam kelompok Utility Software ialah software anti-virus, firewall, disk defragmenter dan lainnya.

  • Application Software

Application software ialah kategori guna software yang dipakai oleh user untuk menuntaskan sebuah tugas tertentu. Contoh aplikasi yang tergolong dalam kelompok Application Software ialah web browser, aplikasi office, game dan lainnya.
3. Brainware
Komponen yang terakhir dalam suatu sistem komputer ialah Brainware. Brainware dapat ditafsirkan sebagai orang maupun perlengkapan intelektual yang memakai, memakai atau mengoperasikan perlengkapan komputer.
kursus komputer majalengka

Itulah definisi sistem komputer dan faedah sistem komputer beserta ketiga komponen utama yang menjadi dasar suatu sistem pada komputer sehingga dapat menjalankan tugas dan perintah sebagaimana yang telah kamu instruksikan. Tanpa komponen-komponen tersebut, mustahil untuk sistem komputer guna berjalan secara normal.
kursus komputer majalengka

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support