Apa Itu HTTP -kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

kursus komputer majalengka

Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sama dengan HTTP, tetapi HTTPS memiliki keunggulan tersendiri dari segi keamanan. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sub layer bawah lapisan software HTTP biasa.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) telah dipakai sejak tahun 1990 dan sampai saat ini terus merasakan pembaruan versi untuk menambah fiturnya. Dibanding protokol lainnya laksana FTP, IMAP, SMTP maupun POP3, HTTP yang sangat sering dipakai dan lumayan populer.
kursus komputer majalengka

Pengertian HTTP Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

1. Oxford Dictionaries
Berdasarkan keterangan dari Oxford Dictionaries, definisi HTTP ialah protokol transfer data yang dipakai di World Wide Web (WWW).
kursus komputer majalengka

2. Wikipedia
Berdasarkan keterangan dari Wikipedia definisi HTTP ialah protokol software untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. HTTP ialah dasar komunikasi data guna World Wide Web.

3. Techtarget.com
Berdasarkan keterangan dari Techtarget.com definisi HTTP ialah seperangkat aturan guna mentransfer file (teks, gambar grafis, suara, video, dan file multimedia lainnya) di World Wide Web. HTTP ialah protokol software yang berlangsung di atas susunan protokol TCP / IP (protokol dasar guna Internet).
kursus komputer majalengka

Fungsi HTTP di Internet

Mengacu pada definisi HTTP di atas, maka HTTP memiliki faedah yang lumayan sederhana, yakni guna menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya melewati koneksi internet. HTTP diibaratkan sebagai perintah guna dijalankan masing-masing komputer agar dapat mengirim pesan.

HTTP juga bermanfaat untuk menilai bagaimana pesan atau data bisa ditransmisikan atau diformat menjadi format lain yang bisa diterima browser. Sehingga seluruh data yang diharapkan oleh client dapat di akses atau ditampilkan.

Jadi, HTTP bakal selalu hadir di seluruh alamat website saat kita membukanya di internet. Hal ini dikarenakan seluruh layanan website menggunakan protokol HTTP atau HTTPS supaya dapat berjalan.
kursus komputer majalengka

Cara Kerja HTTP di Internet

cara kerja http
Pada dasarnya teknik kerja HTTP ini lumayan sederhana. Saat pemakai membuka suatu website melewati browser, HTTP bakal menghubungkan pemakai dengan WWW dan pun sumber daya yang dikenal dengan URL (baca: definisi URL).
kursus komputer majalengka

Selanjutnya HTTP bakal masuk ke dalam protocol memakai TCP/ IP, dan lantas menampilkan pulang data yang diperoleh ke dalam browser. Setelah tersebut pemakai bisa melihat sekian banyak  situs dan isinya melewati browser.

Secara singkat, teknik kerja protokol pada HTTP dalam mentransmisikan data dapat dicerminkan sebagai berikut:

Komputer klien atau HTTP klien akan menciptakan sambungan dan mengantarkan permintaan dokumen untuk web server.
Selanjutnya HTTP server bakal memproses permintaan itu dan HTTP klien menantikan respon.
Terakhir, web server bakal merespon permintaan melewati kode kedudukan data dan memblokir sambungan ketika proses permintaan selesai.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Pada dasarnya faedah HTTP dan HTTPS ini sama saja. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Perbedaan http dan https secara singkat ialah dari sisi keamanan, port yang digunakan, dan pemakaian SSL. Berikut keterangan singkatnya:

1. Keamanan Transmisi Data
Perbedaan yang sangat utama antara HTTP dan HTTPS ialah pada ketenteraman data yang ditransimisikan. Pada HTTP, data yang ditransimisikan tidak terjamin aman. Sedangkan HTTPS memberikan garansi akan ketenteraman transmisi data tersebut.

Tiga aspek yang menjadi pertimbangan dalam HTTPS ialah autentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data.
kursus komputer majalengka

2. Port yang Digunakan
Perbedaan berikutnya antara HTTP dan HTTPS ialah port yang digunakan. Pada HTTP mengugnakan port 80 secara default, sementara HTTPS memakai port 443.

3. Pemakaian Secure Socker Layers (SSL)
HTTPS memakai SSL, yakni teknologi yang memungkinkan dilakukannya enkripsi data yang ditransmisikan dari server ke klien. Penggunaan SSL ini paling bermanfaat untuk situs-situs yang hendak menjaga kerahasiaan data pemakainya.

HTTPS tidak sedikit digunakan pada situs-situs e-commerce, perbankan, form registrasi, dan website lainnya yang membutuhkan garansi keamanan untuk para pemakainya.
kursus komputer majalengka

Kelemahan HTTP Sebagai Protokol Alamat Website Perusahaan

Meskipun protokol dari HTTP lebih tidak sedikit digunakan pada alamat website, tergolong website perusahaan, tetapi perlu kita ketahui sejumlah kelemahan andai menggunakan protokol HTTP. Beberapa kelemahan menggunakan HTTP diantaranya:

1. Tidak Terjamin Keamanannya
Saat ini tidak sedikit website dengan domain HTTP yang dipakai sebagai ajang penipuan, merusak maupun menyebar virus. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan protokol HTTP untuk beraksi yang merugikan orang lain, contohnya penipuan lowongan kerja, penipuan undian berhadiah, sebagai perangkat transfer virus dan format kejahatan lainnya, sampai-sampai HTTP kurang sesuai digunakan guna protokol alamat situs perusahaan.
kursus komputer majalengka

Hal ini menciptakan kredibiltas bisnis atau perusahaan tidak cukup dapat diandalkan  oleh pemakai. Sudah tidak sedikit pemakai internet ketika ini yang lebih memilih berselanjar pada website dengan domain HTTPS.

2. Rentan Terhadap Penyebaran Virus
Media pada HTTP paling rentan dan rawan guna penyebaran virus riskan yang merugikan pemakai internet khususnya pada media blog. Jika alamat web yang memakai HTTP terjangkit virus, maka secara otomatis bakal merusak jaringan. Tingkat kerentanan HTTP guna terjangkit virus dapat dibilang lumayan tinggi.
kursus komputer majalengka

3. Data Tidak Terenkripsi
Keamanan atau enkripsi data pada protokol HTTP masih tidak cukup terjamin. Hal ini diperlihatkan dari situs vital laksana online shop, internet banking dan situs pemerintahan yang telah pasti memakai HTTPS dibanding HTTP. Hal ini sebab HTTP tidak dapat mengerjakan autentikasi, kerahasiaan data dan integritas data layaknya pada protokol HTTPS. Padahal saat unsur itu sangat urgen untuk mengawal keamana data-data pada website supaya tidak gampang diretas.

SUMBER : 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support