Desain Grafis dalam Ilmu Komputer - kursus komputer majalengka

kursus komputer majalengka
Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

kursus komputer majalengka

  • definisi desain grafis


Desain grafis ialah sebuah format seni dengan destinasi untuk memecahkan masalah komunikasi melewati kombinasi unsur grafis laksana bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual yang tercipta diinginkan dapat menjadi sarana paparan informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan dapat membentuk persepsi insan akan suatu hal.
kursus komputer majalengka
Seorang desainer grafis mempunyai tujuan penting, yakni sebagai pemecah masalah (problem solver). Bagaimana menciptakan orang memahami pesan yang ingin dikatakan melalui visual yang dihasilkan? Tugas ini tidaklah gampang untuk dilaksanakan. Seorang desainer grafis mesti memiliki keterampilan kognitif sekaligus kemampuan visual supaya mampu mengucapkan pesan dengan tepat dan gampang dimengerti.

Apa saja prinsip yang terdapat dalam desain grafis?


  • prinsip desain grafis


Seperti halnya insan yang mempunyai prinsip yang ia pegang teguh dalam menjalani kehidupan, demikian pula dengan desainer grafis. Ada prinsip-prinsip yang mesti dipegang teguh ketika menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Prinsip utama yang mesti menjadi pedoman masing-masing desainer grafis ialah bahwa masing-masing desain yang didapatkan harus mempunyai sifat komunikatif, sebab kegunaan desain tersebut sendiri tak lain ialah sebagai sarana komunikasi, laksana yang telah dikatakan di atas.

Prinsip-prinsip penyokong lainnya yang pun usahakan dipegang teguh oleh semua desainer grafis ialah kesederhanaan, keseimbangan, kesatuan, penekanan, irama dan proporsi. Kami mengupayakan menjelaskannya secara simpel saja di dalam tulisan ini.
kursus komputer majalengka
Mengapa kesederhanaan? Tujuan dari desain ialah memudahkan pembaca mengetahui apa yang disampaikan. Oleh sebab itu, kesederhanaan perlu dikenang pada ketika desainer grafis mengerjakan pekerjaannya.

Bagaimana dengan keseimbangan? Secara visual, desain baiknya mempunyai dua keseimbangan, yaitu ekuilibrium formal dan ekuilibrium informal. Keseimbangan formal contohnya berupa konsistensi dalam pemakaian elemen-elemen desain. Sementara yang dimaksud dengan ekuilibrium informal ialah desain usahakan meninggalkan kesan dinamis dan fleksibel.

Prinsip ketiga ialah kesatuan. Isi pokok dari komposisi sebuah desain mesti bisa menyatu sampai-sampai terlihat utuh sebagai satu kesatuan.
kursus komputer majalengka
Lalu, apa tersebut penekanan? Penekanan, atau istilah kerennya aksentuasi, ialah bahwa suatu desain mesti dapat unik perhatian orang yang melihatnya. Desain yang berhasil ialah desain yang dapat membuat target audience-nya memahami sehingga mereka juga tergerak guna dapat menyalurkan informasi tersebut untuk orang lain.

Irama, bagaimana dengan irama? Sebuah karya seni tidak jarang kali mempunyai unsur-unsur pendukung. Irama adalahpengulangan dari unsur-unsur tersebut.

Prinsip terakhir dalam desain grafis ialah proporsi. Bagi memperoleh ekuilibrium desain dibutuhkan perbandingan. Agar suatu bidang tampak proporsional, komparasi matematisnya mesti tepat.

kursus komputer majalengka
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

citra telematika | kursus komputer | kursus komputer majalengka | Kuliah komputer majalengka

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support